Selasa, 05 April 2016

Map Reduce dan NoSQL (Not Only SQL)

MapReduce adalah model pemrogramana rilisan Google yang ditujukan untuk memproses data berukuran raksasa secara terdistribusi dan parallel dalam cluster yang terdiri atas ribuan komputer. Dalam memproses data, MapReduce dibagi menjadi 2 proses utama, yaitu Map dan Reduce. Proses Map bertugas utnuk mengumpulkan informasi dari potongan-potongan data yang terditribusi dalam tiap komputer dalam cluster.

NoSQL adalah tipe database yang sangat jauh berbeda dengan konsep RDBMS ataupun ODBMS. Perbedaan utamanya sendiri yaitu karena tidak mengenal istilah relation dan tidak menggunakan konsep schema. Dalam NoSQL, setiap tabel berdiri sendiri tanpa tergantung dengan tabel lainnya.

Asumsi saya tentang MapReduce adalah menata part file yang dibagi pada beberapa server cluster yang nanti nya akan di kombane menjadi suatu file. dan asumsi saya tentang NoSql adalah perbedaan denagan mysql karena berbedaan yang sangat menonjol pada nosql schema tabel berdiri sendiri tanpa ada hubungan tabel lainnya.

contoh dari mapreduce adalah Taruhlah kita akan membuat program MapReduce untuk menghitung jumlah tiap kata dalam beberapa file teks yang berukuran besar dan Hasil akhir  dari program adalah jumlah dari tiap kata yang terdapat dalam file teks yang dimasukkan sebagai input program.
Contoh dari NoSql ialah SosialMedia, aplikasi NonSql ada mongoDb, Apache Cassandra dan lainnya.



Reference :
http://djuneardy.blogspot.co.id/2015/03/cloud-computing-pengertian-cloud.html



TikaNesia - Jasa Pembuatan Website
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar